Skip to content

Tips agar rambut tetap sehat

Maret 1, 2012

 

 

1. Makan Makanan Bergizi

Makanan yang anda konsumsi juga berpengaruh pada kesehatan rambut. Selain buat tubuh, mengkonsumsi makanan lengkap gizi juga akan membantu rambut anda sehat. Sayuran dan buah-buahan oke banget untuk rambut anda. Misalnya untuk kerontokan rambut anda bisa memperbanyak konsumsi protein yang terkandung dalam tahu atau susu kedelai. Kalau mau yang lebih asyik bisa diselingi sama keju-low fat, telur, ikan, kacang-kacangan, atau yogurt. Anemia ternyata juga mempengaruhi kerontokan rambut, karenanya pilih makanan yang banyak mengandung zat besi seperti hati sapi, daging, sereal, kurma, atau kismis.

2. Cuci Rambut Mencuci Rambut Minimal 2X Seminggu

Merupakan perawatan dasar untuk rambut sehat. Kalau aktivitas anda berlebih, anda perlu mencuci rambutmu lebih sering. Tapi jangan terlalu sering ya, karena keseringan mencuci rambut bisa menghilangkan kelembaban alami rambut. Bisa-bisa rambut anda makin rusak deh. Memilih shampo juga bagian penting dari mencuci rambut. Sampo yang mengandung kelapa cocok untuk rambut kering, sampo yang mengandung jojoba bisa bikin rambut mudah diatur, sedangkan sampo yang mengandung Lemon dipercaya bikin rambut anda makin mengkilat. Nah, buat yang ingin memanjangkan rambut atau menghilangkan ketombe, bisa pilih sampo yang mengandung ekstrak apel. Oh iya, jangan lupa juga pijat-pijat ringan kepala anda. Sentuhan seperti ini bisa bikin peredaran darah di kepala makin lancar. Hasilnya, anda juga jadi segar!

3. Gunakan Vitamin Rambut

Jangan lupa pakai vitamin rambut. Kandungan pada shampo biasanya belum mencukupi kebutuhan vitamin untuk rambut jadi nggak ada salahnya kalau anda menambahkan vitamin atau nutrisi khusus untuk rambut. Vitamin yang berbentuk seperti mutiara dan berisi cairan bisa anda dapetin di supermarket or salon terdekat. Bingung milih yang mana? Well, jangan malu bertanya yah!

4. Hindari Bahan Kimia

Hanya karena ikutan-ikutan trend, kadang tidak memperhatikan kalau pemakaian obat kimia bisa berdampak kurang baik buat rambut. Obat keriting, pelurus ataupun pewarna rambut hampir pasti mengandung bahan kimia yang bisa menjadikan rambut rusak bila tidak dirawat dengan baik. Itu artinya, ketika memutuskan untuk memakai salah satu bahan tersebut, anda harus menyediakan waktu dan dana ekstra untuk perawatan rambut seperti creambath atau hair spa. Itu semua biar rambut anda nggak rusak karena pemakaian obat kimia. Perawatan semacam ini bisa anda konsultasikan kepada si penata rambut ketika anda memutuskan untuk mengecat atau meluruskan rambut.

5. Lakukan Perawatan Rambut

Perawatan seperti hair spa dan creambath nggak harus dilakuin di salon. Creambath sendiri di rumah juga asyik banget. Caranya gampang, pergi ke supermaket terdekat cari obat Creambath yang sesuai dengan kebutuhan (misalnya: untuk rambut kering, berminyak, atau berketombe). Petunjuk pemakaian biasanya tertera di bungkus obat creambath yang anda beli. Mau lebih asyik lagi? Ajak teman-teman dekat anda dan putar lagu kesayangan. Creambath sambil ngerumpi bareng temen diiringi musik favorit pastinya lebih seru daripada di salon kan?

6. Potong Ujung Rambut Secara Berkala

Kalau anda berniat memanjangkan rambut, jangan lupa untuk selalu memotong ujung rambut sebulan sekali. Memotong ujungnya bisa mencegah rambut bercabang dan yang pasti bakalan lebih cepet panjang kan?! Perlu diingat tips ini tidak hanya berlaku untuk wanita saja lho. Para pria yang care sama kesehatan rambut pastinya juga cocok untuk melakukan beberapa ritual diatas tadi.

From → Tips & Trik

Tinggalkan sebuah Komentar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: